Lomba

Transaksi Aman dengan Aplikasi MyJNE

13.02


Ada pepatah yang mengatakan, tak kenal maka tak sayang, begitu pula dengan aplikasi baru yang diluncurkan oleh JNE. Dewasa ini, siapa sih yang tidak mengenal JNE? Bagi kalian yang hampir setiap hari berhubungan dengan JNE dikarenakan kalian adalah owner dari bisnis online shop, aplikasi ini sangat membantu untuk menghilangkan kerutan yang timbul di dahi kalian dikarenakan komplainan customer ketika mereka kesulitan untuk mengetahui status keberadaan barang orderannya. Karena dengan aplikasi ini customer juga dapat mengecek status keberadaan orderan lewat gadget mereka hanya dengan membuka aplikasinya tanpa harus mengakses situs JNE. Seperti platform di bawah ini yang berbunyi “Mari mulai Kirim, Pantau dan Transaksi dalam genggaman”

Tampilan awal aplikasi


“Itu apa sih maksudnya transaksi dalam genggaman?”
“Bagaimana sih cara penggunaan aplikasinya?"
"Dapat ditemukan dimana aplikasi ini?"
"Aplikasi ini dapat menawarkan apa saja?”

Nah, sebelumnya saya akan memperkenalkan dulu aplikasinya baru nanti saya akan menjabarkan fitur-fitur yang telah tersedia. Aplikasi JNE yang baru saja diluncurkan di tahun 2016 ini bernama MyJNE.

Berhubung MyJNE adalah aplikasi berbasis android, jadi baru dapat kita temukan dan download di Playstore tetapi jangan heran jika kalian yang memiliki Android namun belum dapat mendownloadnya karena ada beberapa Android yang perangkatnya tidak kompatibel untuk mendownload aplikasi tersebut. Dan kabarnya MyJNE juga akan hadir di iOS. Jadi bagi kalian yang owner online shop atau sering belanja online dan pengguna iOS, siap-siap saja menantikan kehadiran aplikasi yang sangat membantu ini.


MyJNE di Playstore
Mungkin sebagian dari kalian akan bertanya-tanya seputar MyJNE ketika belum terbayang sama sekali dibenak. Oke, saya akan mencoba untuk membahasnya pada kesempatan kali ini.
Sebenarnya MyJNE adalah bentuk penyempurnaan dari situs JNE dan mempercepat pengaksesan karena kita tidak perlu lagi untuk membukanya di browser, cukup membuka aplikasinya saja. Seperti yang ditawarkan di situs JNE, MyJNE juga menawarkan fitur yang sama namun menambahkan beberapa fitur lagi di dalamnya.


My Shipment

Seperti gambar di atas, kita dapat mengetahui bahwa MyJNE menawarkan fitur My Shipment yaitu mempermudah kita sebagai pengirim maupun penerima untuk mengecek status pengiriman dengan lebih cepat tanpa harus mengakses website JNE lagi. Dengan begitu, saya rasa kita dapat lebih mandiri untuk mencari tahu keberadaan barang tanpa memaksa pengirim untuk selalu memberikan info.


My Tariff

Dari gambar di atas kita juga sudah mengetahui kegunaan dari fitur My Tariff. Ya, kita dapat mengecek  sendiri sebelumnya tarif yang akan dibebankan kepada kita sebagai pengirim. Dengan begitu kalian dapat mengetahui dengan rinci berapa ongkos yang akan dikenakan pada pembeli.


My Location
Kemudian MyJNE juga memberikan fitur My Location yang berguna untuk mengetahui lokasi JNE yang terdekat dari keberadaan kita. Bukankah itu sangat membantu? Jadi kita tak perlu lagi yang namanya celingak-celinguk buat mencari lokasi pengiriman JNE yang dapat membuat kita diklakson oleh pengendara lain hanya karena kita mengendarai kendaraan dengan pelan untuk memastikan apakah ada lokasi pengiriman JNE di sekitar jalanan yang kita lewati.


My COD
"Apa sih yang dimaksud My COD?"
Seperti yang tertulis di platform tadi tentang bertransaksi dalam genggaman, di fitur inilah dapat saja jelaskan secara garis besarnya. Jadi, fitur My COD ini berguna sebagai alat mediasi transaksi online/media pembayaran khusus jual beli online, dimana yang berperan sebagai mediator adalah JNE. Bicara tentang mediator tentu tak perlu kita ragukan lagi bahwa JNE adalah salah satu mediator pengiriman barang terbaik yang telah dipercayai oleh masyarakat dalam maupun luar negeri. Nah, ilustrasi di bawah mungkin dapat memberikan sedikit gambaran bagi kalian.

Alur Transaksi menggunakan fitur My COD
sumber: rodame.com


Sebelum terjadinya transaksi di atas, kedua pihak antara penjual dan pembeli harus terlebih dahulu menyepakati untuk menggunakan fitur My COD dalam kasus pembayaran. Setelah kedua pihak setuju, penjual harus membuat order yang ada pada fitur My COD setiap kali akan melakukan transaksi penjualan. Maka bagi penjual maupun pembeli yang akan bertransaksi lewat My COD harus mendownload aplikasi MyJNE tersebut. Kemudian dapat kita temukan My COD seperti gambar di bawah ini.

Login My COD

Bagi yang sebelumnya pernah menggunakan aplikasi ini sebagai media pembayaran hanya perlu memasukkan nomor telpon dan password pada kolom di atas. Namun bagi yang pemula silahkan mendaftar terlebih dahulu dengan memilih SIGN UP maka akan muncul kolom seperti di bawah ini yang harus diisi dengan data asli.

Registrasi My COD

Setelah diisi dengan data asli kita, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Laporan Sukses Registrasi My COD

Setelah mendaftar, cek email kalian kemudian klik confirm untuk mengkonfirmasi bahwa benar nomor handphone yang terdaftar adalah nomor handphone kalian.

Sebagai seorang penjual yang sudah menerima orderan dari pembeli harus membuat order kemudian mengisi nomor handphone pembeli dan beberapa kolom mengenai barang yang akan dijual setelah itu penjual harus men-create order. Kemudian MyJNE akan mengirimkan notifikasi kepada pembeli bahwa order barang telah dibuat oleh penjual agar pembeli segera membayarnya lewat My COD.


“Gimana bayarnya lewat My COD?”
Jadi dalam MyJNE ini juga ada satu fitur lagi yang bernama My COD Wallet dan menurut saya adalah pendukung dari fitur My COD itu sendiri. Uang kita yang disimpan di ATM dapat kita TOP UP ke My COD Wallet atau bagi kalian yang tidak mengerti, anggapannya seperti kita sedang melakukan pengisian pulsa, setelah pulsa diisi maka akan menambah saldo pulsa di nomor handphone kita dan tidak akan habis jika tidak kita gunakan untuk menelpon, mengirim pesan atau membeli kuota. Begitu pula dengan uang yang sudah kita TOP UP ke My COD Wallet, dana itu akan menjadi tabungan kita dan tidak akan terpotong apapun selama kita tidak berbelanja online apapun dan melakukan pembayarannya lewat My COD. Atau bagi penjual yang selama ini sudah banyak menjual barang lewat My COD dan belum pernah mencairkan hasil jualannya dapat CASH OUT ke nomor rekening anda, maka uangnya akan masuk ke dalam rekening. My COD Wallet juga memberikan layanan transfer ke sesama pengguna MyJNE yang sudah mendaftar My COD Wallet.

Login My COD Wallet

Kembali lagi pada cara bertransaksi melalui My COD, setelah pembeli membayar sesuai nominal yang telah ditentukan maka penjual akan menerima notifikasi pembayaran dan harus segera mengirim barang pesanan ke JNE terdekat. Kemudian dari pihak JNE, penjual akan mendapatkan nomor resi pengiriman. Nah, nomor resi yang telah diterima harus segera diinput secara manual atau barcode (kode batang) oleh penjual ke dalam My COD. Nomor resi juga menjadi bukti bahwa barang telah dikirim oleh penjual dan sangat diperlukan ketika akan melakukan proses CASH OUT nanti. Pembeli juga akan segera menerima notifikasi dari pihak JNE bahwa barang telah dikirim dan hanya butuh waktu untuk menunggu. Setelah barang tiba di tangan pembeli, diharapkan kerja sama dari pembeli untuk konfirmasi lewat aplikasi My COD bahwa barang telah sampai di tangan agar penjual juga dapat mencairkan dana yang dikirim oleh pembeli. Dengan begini tentu pembeli akan merasa puas dan tidak akan ditipu oleh penjual yang berniat buruk.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Lebih aman dan dapat terhindar dari kasus penipuan, bukan? Karena disini Aplikasi MyJNE merupakan mediasi yang dapat dipercaya bagi penjual maupun pembeli. Jadi langsung saja download Aplikasi My JNE di Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.indivara.jneone&hl=in

You Might Also Like

2 komentar

  1. Sekarang udah gampang ya cek keberadaan barang kita yang dikirim, terus mau cek biaya ongkos kirim juga. Biasa suka ribet kalau buka website nya apa lagi gak responsive, kalau ada aplikasi myJNE kan gampang.

    Makasih ya info nya *brb dw MyJNE*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar bang, lebih mudah ketika menggunakan aplikasi myJNE. Sama-sama, selamat mencoba bang :)

      Hapus